FILM

'THE HOLE', Misteri Lubang di Dasar Rumah

 

Rating: 3 star
Oleh: Robby Killimanjaro
Sinopsis
Pindah ke tempat baru memang selalu tidak menyenangkan. Harus beradaptasi dengan lingkungan baru. Harus beradaptasi dengan orang-orang baru. Semuanya terasa menjengkelkan. Padahal, kalau sedikit mau terbuka, pindah ke tempat baru bisa jadi malah mengantar ke sebuah petualangan baru, meski tak semua petualangan berakhir menyenangkan.
Dane (Chris Massoglia) dan Lucas (Nathan Gambl) mau tak mau harus pasrah saat ibu mereka memboyong mereka untuk pindah dari New York ke sebuah kota kecil bernama Bensonville. Buat Dane, tak ada yang menarik dari kota kecil ini, selain tentu saja, Julie Campbell (Haley Bennett), cewek yang tinggal tepat di sebelah rumah baru mereka. Saat Dane, Lucas, dan Julie mencoba mencari kesenangan dengan menjelajahi rumah baru ini, mereka menemukan sebuah lubang!
Lubang yang terkunci rapat ini sepertinya sengaja disembunyikan. Kalau saja mereka tak teliti, bisa jadi lubang di dasar rumah mereka ini memang tak pernah mereka temukan. Saat dibuka, lubang ini sudah mengundang sejuta misteri. Tak ada cara untuk mengetahui apa yang ada di dasar lubang gelap ini selain turun langsung dan sepertinya satu-satunya cara ini justru adalah cara yang paling mengerikan dari semua cara.
Review
Sebuah film yang baik pasti berawal dari sebuah naskah yang baik pula dan aturan main itu juga berlaku untuk THE HOLE ini. Meski sekilas, judul yang dipasang tak terlalu menarik namun sebenarnya film ini justru memberikan banyak, lebih dari sekedar film horor biasa.
Salah satu penyebabnya jelas adalah naskah yang cukup solid. Mark L. Smith cukup jeli membuat naskah film horor yang tak melulu mengeksploitasi 'kejutan' dan seks. Kabarnya Guillermo Del Toro juga terlibat dalam pembuatan naskah film ini meski namanya tak disebutkan di closing credit. Yang jelas, alur kisah yang disodorkan film ini cukup 'logis' dan masuk akal sehingga penonton pun bisa dengan mudah menerima fantasi yang memenuhi film ini.
Joe Dante juga sepertinya tak main-main dalam mengarahkan tiga pemeran utama dalam film ini. Artinya, akting mereka terasa meyakinkan dan itu juga didukung oleh dialog yang terasa alami. Hasil akhirnya memang bukan horor untuk konsumsi dewasa karena sepertinya Mark L. Smith memang memasang target penonton usia belasan untuk filmnya ini.
Walaupun sebenarnya tak ada yang benar-benar baru dari THE HOLE ini namun dengan segala batasan yang ada, THE HOLE mampu menjadi sebuah tontonan yang enak dilihat dan bisa dinikmati seluruh keluarga.(kpl/roc)
Genre:Horror
Release Date:September 22, 2010
Director:Joe Dante
Script:Mark L. Smith, Guillermo Del Toro
Producer:Claudio Fäh, Michel Litvak, Vicki Sotheran, David Lancaster
Distributor:Bold Films
Duration:98 minutes
Budget:-
Official Site:theholein3d.com

0 komeng:

Posting Komentar